STRUKTUR

SOLUSI ENGINEERING STRUKTUR

TEMUKAN TANGGAPAN STRUKTURAL KOMPLEKS DENGAN SOLUSI REKAYASA KELAS DUNIA.

Analisis struktural memungkinkan insinyur untuk memprediksi perilaku sebenarnya dari perakitan mekanis kompleks menggunakan Metode Elemen Hingga. Di sini, beban dan kondisi yang berlaku dalam kehidupan nyata akan diterapkan pada perakitan untuk melakukan simulasi berbantu komputer secara akurat menggunakan metode numerik. Simulasi ini memungkinkan OEM dan produsen lainnya untuk mengurangi siklus hidup produk dan menghadirkan komponen, perakitan berkualitas tinggi dan dapat diandalkan ke pasaran.

Analysis Type

Non Linear Statics

Menganalisis respons struktural non-linear kompleks dengan ANSYS Mechanical

Statik Non-linear dalam Analisis Elemen Hingga (FEA) adalah pertimbangan penting saat menganalisis struktur dan material yang menunjukkan perilaku non-linear. FEA linear konvensional mengasumsikan bahwa sifat material dan kondisi beban tetap konstan dan proporsional sepanjang analisis. Namun, banyak skenario dunia nyata melibatkan perilaku material kompleks yang asumsi linear tidak dapat mewakili dengan akurat, seperti plastisitas, deformasi besar, dan interaksi kontak. Non-linear statics memecahkan persamaan yang mengatur secara iteratif untuk menangkap perilaku non-linear material dan struktur. Setiap iterasi melibatkan pembaruan matriks kekakuan, sifat material, dan kondisi beban hingga solusi yang konvergen diperoleh. Analisis memperhitungkan efek non-linear seperti non-linearitas geometris, material, dan kontak.

Analisis dinamis linier merujuk pada proses menganalisis respons dinamis dari struktur atau sistem di bawah kondisi beban yang bervariasi. Jenis analisis ini melibatkan studi tentang bagaimana struktur atau sistem berperilaku saat terkena gaya dinamis, seperti getaran, osilasi, atau peristiwa gempa. Berikut adalah berbagai jenis Analisis Dinamis Linier: Analisis Respon Harmonik, Analisis Getaran Acak, Analisis Nilai Kelenturan Eigen, Analisis Respon Spektrum

Baik simulasi dampak maupun tabrakan mengandalkan metode komputasi canggih, seringkali menggunakan teknik analisis elemen hingga (FEA). Simulasi ini memerlukan pemodelan material, kondisi batas, dan faktor lingkungan yang akurat untuk menghasilkan prediksi yang dapat diandalkan. Dengan menjalankan beberapa simulasi di bawah kondisi yang berbeda, para insinyur dapat secara iteratif menyempurnakan desain dan membuat keputusan yang berdasarkan informasi untuk meningkatkan keselamatan dan kinerja.

Simulasi Dampak:
Simulasi dampak berfokus pada pemodelan efek saat satu objek bertabrakan dengan objek lain. Simulasi ini umumnya digunakan dalam industri rekayasa, otomotif, dirgantara, dan manufaktur untuk menilai kinerja komponen atau struktur selama kecelakaan, tabrakan, atau peristiwa berenergi tinggi lainnya. Simulasi dampak dapat membantu insinyur mengoptimalkan desain untuk keselamatan, ketahanan, dan kinerja dengan memprediksi faktor-faktor seperti deformasi, distribusi tegangan, dan penyerapan energi.

Simulasi Tabrakan:
Simulasi tabrakan khususnya menangani skenario yang melibatkan kendaraan, seperti mobil, pesawat, atau kereta, bertabrakan dengan rintangan atau satu sama lain. Simulasi ini sangat penting dalam rekayasa otomotif untuk merancang kendaraan yang lebih aman dan meningkatkan sistem perlindungan penghuni seperti airbag dan sabuk pengaman. Simulasi tabrakan mempertimbangkan faktor seperti kecepatan kendaraan, sudut tabrakan, sifat material, dan desain struktural untuk memprediksi hasil seperti deformasi, percepatan, dan potensi risiko cedera.

Studi dan modifikasi karakteristik kebisingan dan getaran pada kendaraan, khususnya mobil dan truk, dikenal sebagai kebisingan, getaran, dan kekasaran (NVH). Tugasnya adalah untuk mengukur dan meminimalkan kebisingan dan getaran yang tidak diinginkan, sambil juga meningkatkan suara yang menguntungkan. Rekayasa, akustik, dan faktor manusia bergabung dalam bidang multidisiplin NVH untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan menyenangkan. Kebisingan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suara yang tidak diinginkan yang dihasilkan oleh kendaraan, termasuk suara mesin, suara jalan, dan suara angin. Getaran adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pergerakan atau osilasi yang tidak diinginkan dari komponen kendaraan, termasuk mesin, transmisi, dan suspensinya. Kebisingan dan getaran dapat menyebabkan kekasaran, yang merupakan kualitas subjektif yang mengacu pada ketidaknyamanan atau gangguan.

“Papan Sirkuit Tercetak Printed Circuit Board(PCB) merupakan inti dari elektronika modern, menggerakkan hampir setiap perangkat elektronik yang kita gunakan. PCB dapat ditemukan di mana-mana, mulai dari ponsel hingga peralatan antariksa. Keandalan dari PCB ini sangat penting, karena kegagalan kecil dapat menyebabkan gangguan kecil hingga kegagalan sistem yang kritis.

Keandalan PCB mengacu pada kemampuan sebuah papan sirkuit tercetak untuk secara konsisten melakukan fungsinya yang dimaksudkan selama masa pakainya, dalam berbagai kondisi lingkungan dan operasional seperti kejutan termal, kejutan mekanis, getaran, dan kelembaban.

“Ansys Sherlock” adalah alat analisis keandalan berbasis fisika yang dapat memprediksi kegagalan pada komponen elektronik dan tingkat sistem untuk berbagai peristiwa termal dan mekanis yang sistem alami selama masa pakainya. Ini juga membantu melakukan analisis DFMEA dan CFM selama fase desain awal yang dapat membantu organisasi mengurangi waktu pasar dan membantu dalam inovasi.”

Optimisasi desain yang tangguh adalah proses merancang sistem atau produk yang dapat berperforma baik dalam berbagai kondisi meskipun terdapat ketidakpastian dan variasi. Untuk mencapai hal ini, perlu mengidentifikasi dan mengatasi potensi sumber ketidakpastian dan variasi, kemudian mengoptimalkan desain untuk menjadi tangguh terhadap ketidakpastian tersebut. Kelas optimisasi yang berbeda termasuk  Variabilitas dan ketidakpastian yang konsisten, Deviasi kasus terburuk, termasuk beberapa teknik dalam RDO , Optimisasi hibrida, termasuk Analisis skenario kasus, 3) Analisis sensitivitas.

Multibody dynamics in structural dynamics involves simulating large movements of interconnected body systems. These bodies, rigid or flexible, are connected by kinematical joints and force elements like springs, dampers, and actuators. Multibody dynamics is widely applied in vehicles, spacecraft, robots, mechanisms, and biomechanical systems.

Simulasi manufaktur bertujuan untuk mereplikasi proses manufaktur dalam lingkungan simulasi menggunakan pendekatan numerik berbasis FEA. Simulasi ini memberikan wawasan kritis tentang produk yang menjalani proses manufaktur seperti deformasi, tegangan, regangan plastik, dll. Proses seperti pembentukan logam lembaran, hemming, penstampelan, pengelasan, dll dapat dilakukan menggunakan alat Struktural ANSYS.

Interaksi antara tegangan dan suhu menyebabkan terjadinya deformasi permanen dan kelelahan, yang merupakan dua jenis mekanisme kegagalan material. Deformasi permanen terjadi ketika material mengalami deformasi yang permanen dari waktu ke waktu, biasanya pada suhu tinggi, sementara kelelahan terjadi ketika retakan merambat dari waktu ke waktu akibat siklus beban dan lepas beban yang berulang.

Deformasi permanen adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan regangan material di bawah tegangan konstan selama periode waktu tertentu. Material yang terpapar suhu tinggi, seperti yang digunakan dalam pembangkit listrik, mesin pesawat terbang, dan turbin gas, sering kali mengalaminya. Permukaan, perlakuan panas, dan sifat material adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan deformasi permanen.

Akkumulasi kerusakan terjadi melalui interaksi sinergis antara tegangan siklik dan suhu operasi yang tinggi, yang dikenal sebagai kelelahan. Komponen mekanis, jembatan, dan bangunan sering kali terkena siklus beban dan lepas beban yang berulang, yang merupakan mekanisme kegagalan umum. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kelelahan, seperti sifat material, permukaan, dan kondisi beban.

Vibro-akustik, kombinasi getaran dan akustik, digunakan untuk menganalisis dan memahami interaksi antara struktur yang bergetar dan lingkungan sekitarnya. Istilah akustika struktural juga digunakan di beberapa daerah. Penggunaan vibro-akustik adalah untuk memeriksa gelombang mekanik dalam struktur dan bagaimana interaksi dan radiasi mereka ke media sekitar, seperti udara atau air. Pentingnya bidang ini terletak di berbagai industri, seperti kedirgantaraan, otomotif, dan konstruksi, di mana itu membantu dalam memprediksi dan mencegah masalah kebisingan dan getaran.

Applications

pyscho
Psychoacoustic Analysis
Evaluasi Kualitas Suara
View Application
Aeroplane Take Off
Isolate berdasarkan analisis order, campur setiap sumber suara yang terisolasi, frekuensi lewat pisau, dan kebisingan gergaji bulat.
View Application
orderanalysis
Order Analysis
Separate components based on tachometric information, create datasets for driving simulators, and assess sound quality.
View Application
engine
Electric Engine
Rekaman asli, kebisingan listrik dan elektromagnetik
View Application
droptest
Drop Test/Impact
Autodyn memprediksi skenario jatuh dan dampak untuk menilai keamanan dari bagian yang sedang dipertimbangkan.
View Application
design
Additive Manufacturing & Metal Sintering
Alur kerja lengkap yang mendukung bagian yang dibuat dengan manufaktur tambah (additive manufacturing) dimulai dari pembuatan geometri hingga validasi bagian.
View Application